RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
SMP :
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : IX/ Genap
Standar Kompetensi : 1.
Berbicara
Mengungkapkan makna dalam
percakapan tansak-sional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :1.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get
things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan berlanjut
(sustained ) secara akurat, lancar, dan
berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-haridan melibatkan tindak tutur ungkapan
Menasihati, memperingatkan, meluluskan permintaan, serta menyatakan
perasaan relief, pain, pleasure and displeasure.
Indikator : 1.1.1 Mengungkapkan
perasaan senang dan tidak senang
1.1.2 Menjawab
pertanyaan perasaan dalam sebuah percakapan
Aspek/Skill : Berbicara
Alokasi Waktu : 2 x 40’
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat mengekspresikan perasaan senang dan
tidak senang dalam sebuah percakapan
2. Siswa dapat memberikan saran bila perasaan senang
dan tidak senang
3. Siswa dapat membuat percakapan dengan menggunakan
ekspresi perasaan senang dan tidak senang
B. Materi Pembelajaran
1. Mengekspresikan Perasaan Senang
·
It’s a good
news
·
That’s great
·
That’s
wonderful
·
Well done
(for supporting of other’s achievement)
·
I’m very
pleased to hear that
2.
Mengekspresikan Perasaan tidak senang
·
It’s a bad
news
·
That’s a pity
·
That’s too
bad
·
How awful
·
Bad luck
·
I’m very
sorry to hear that (fot dead, illness, or other misfortune)
·
I’m very
annoyed
C. Metode / Teknik :
·
Orientasi
·
Tanya jawab
·
PPP
D. Langkah-langkah Kegiatan
Setiap pertemuan dikemas dalam 3 tahapan:
Kegiatan
awal (5menit)
·
Siswa merespon
pertanyaan yang diberikan oleh guru
·
Melakukan Tanya jawab berdasarkan gambar yang perlihatkan
Kegiatan Inti (25 menit)
·
Siswa membaca percakapan perasaan senang dan tidak senang yang diberikan
·
Siswa mendengarkan penjelasan materi yang disampaikan guru mengenai :
·
Siswa membuat
percakapan menggunakan ekspresi perasaan senang dan tidak senang yang ada pada
lembar latihan
·
Siswa
mempraktekan percakapan dengan temannya di depan kelas
Kegiatan Akhir (10 menit)
·
Guru membuat
kesimpulan pelajaran yang telah diberikan
·
Siswa diberi
tugas untuk membuat dialog perasaan senang dan tidak senang dalam kehidupan
sehari-hari
E. Sumber Belajar
- Gambar
- Contoh dialog / ungkapan-ungkapan.
- Buku paket Communicative English in context (Grafindo, 2004)
F. Penilaian :
a. Teknik
: Tes Lisan
b. Bentuk
: Tanya
Jawab
c. Instrumen : Mengungkapkan
pendapat dengan alasannya.
d. Pedoman Penilaian
Skor
Perolehan X 100
Skor Maksimal
|
e.
Rubrik Penilaian
No
|
Name
|
Comprehension
|
Pronounciation
|
Intonation
|
Grammar
|
Fluency
|
Mengetahui Bogor,
2011
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
................................... ..........................................
MATERI PELAJARAN
1. Mengekspresikan Perasaan Senang
·
It’s a good
news
·
That’s great
·
That’s
wonderful
·
Well done
(for supporting of other’s achievement)
·
I’m very
pleased to hear that
2.
Mengekspresikan Perasaan tidak senang
·
It’s a bad
news
·
That’s a pity
·
That’s too
bad
·
How awful
·
Bad luck
·
I’m very
sorry to hear that (fot dead, illness, or other misfortune)
·
I’m very
annoyed
EXERCISES!!!
Study this dialog. Pay close
attention to the underlined expression!
Situation : Anita is a journalist.
She works for a sport magazine. She wants to interview Susi Susanti.
Anita : Hi,
Susi, Congratulations on your success.
Susi : Hi,, Thanks.
Anita : How did
you feel when you got the first gold medal?
Susi : Of
course, I felt happy. I was very
pleased to hear the announcement.
Anita : I am
very proud of you
Susi : Thanks
a lot
Anita : By the
way, may I know how you felt when the other Indonesian badminton players
failed?
Susi : That’s
a pity, and you?
Anita : How
awful!
EXERCISES
Make a short dialogue based on the
given situations. Pay attention to the example.
Example :
Situation : Your friend, Andri, didn’t get good mark at Maths. You respond to this.
Andri : I don’t get good mark at Maths.
You : That’s a pity. I think you need to study
harder
Andri : I will. I’ll do my best next time.
1.
Situation :
Your best friend, Joni, just passed the exam with
good mark. So you express your pleasure
to hear that news.
2.
Situation :
Your best friend feel falling in
love, he got a new girlfriend. So you express your pleasure to your friend.
3.
Situation :
One of the football players in
your team got an accident and broken his leg. So you express your displeasure
to your friend.
MEDIA PEMBELAJARAN
What does she feel??
What does he feel??
Tidak ada komentar:
Posting Komentar