Rabu, 30 November 2011

LISTENING SKILL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


SMP                            : ....................
Mata Pelajaran            : Bahasa Inggris
Kelas/Semester            : VII / 2
Standar Kompetensi  : 7. Mendengarkan
Memahami makna dalam percakapan transacsional dan interpersonal sangat sederhana dan berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar    : 7.1  Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur. Meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang serta meminta dan memberi fakta.
Indikator                      :  Merespon ungkapan-ungkapan :
-          Meminta dan  memberi jasa
-          Meminta dan memberi barang
-          Meminta dan memberi fakta
Jenis teks                     : Transaksional interpersonal
Aspek/Skill                  : Listening
Alokasi Waktu            : 4 x 40 menit
1.      Tujuan Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
-          Menjawab pertanyaan-pertanyaan singkat untuk merespon ungkapan-ungkapan :
§  Meminta dan  memberi jasa
§  Meminta dan memberi barang
§  Meminta dan memberi fakta
-           Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks percakapan transaksional dengan cara melengkapi dialog pendek.

2.      Materi Pembelajaran
Terlampir

3.      Metode dan teknik                        : 

4.      Langkah-langkah kegiatan
      Pertemuan 1
a. Kegiatan Pendahuluan
- memberi salam dan mengabsen siswa
- menjampaikan tujuan pembelajaran
- Melakukan apersepsi
b. Kegiatan inti
- Guru memperdengarkan dialog pendek yang berisi ungkapan meminta dan memberi jasa, barang.
- Membahas makna, bentuk dan fungsi masing-masing ungkapan dan responnya.
- Berlatih mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut secara berulang-ulang.
- Melakukan dialog meminta dan memberi jasa berdasarkan situasi yang diberikan (role play),
- Merespon ungkapan meminta dan memberi jasa dan barang.
c. Kegiatan penutup
- Menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari ungkapan meminta dan memberi jasa dan barang.
-   Menyatakan kembali ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.
- Meminta siswa untuk mempraktekkan ungkapan meminta dan memberi jasa dan barang dalam kehidupann sehari-hari.
5.      Penilaian
a. Teknik               : Tes lisan/ performance
b. Bentuk              : Daftar pertanyaan
c. Instrumen          :
   I. Listen and complete this dialogue with your own expression orally!
       Listen to the expression and give your responses orally
1.      Do you mind helping me to read this story book?
2.      Can I help you to turn on this computer?
3.      Can you lend me your dictionary, please?
4.      Can I get some water for you?
        II. Do a dialogue based on this situation:
-          The room is so hot. Father asks Budi to switch on the AC.
-    Mother wants to make cake but she has no sugar left in jar. She asks Dona to buy it in the stall.
     Pertemuan 2
6.      Materi Pembelajaran
Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut
1. A     : Are You a doctor?
    B     : Yes, I am
    A     : Where do you work?
    B     : In MMC Hospital
2. Can you tell me ......?
3. Were you at  home last night?
A Kegiatan Pendahuluan
- memberi salam dan mengabsen siswa
- menjampaikan tujuan pembelajaran
- Melakukan apersepsi
b. Kegiatan inti
- Guru memperdengarkan dialog pendek yang berisi ungkapan meminta dan memberi fakta.
- Membahas makna, bentuk dan fungsi masing-masing ungkapan dan responnya.
- Berlatih mengucapkan ungkapan-ungkapan tersebut secara berulang-ulang.
- Melakukan dialog meminta dan memberi fakta  berdasarkan situasi yang diberikan (role play),
- Merespon ungkapan meminta dan memberi fakta.
c. Kegiatan penutup
- Menanyakan kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari ungkapan meminta dan memberi fakta
-   Menyatakan kembali ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.
- Meminta siswa untuk mempraktekkan ungkapan meminta dan memberi fakta dalam kehidupann sehari-hari.
7.      Sumber Belajar
a.                               Buku teks yang relevan : Pelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Depdiknas, hal 144
b.                              Script percakapan
8.      Penilaian
a. Teknik               : Tes lisan/ performance
b. Bentuk              : Daftar pertanyaan
c. Instrumen          :
 9. Pedoman Penilaian
1.   Tiap jawaban benar skornya    = 3
2.   Jumlah skor maksimal             = 30
3.   Nilai maksimal                        = 100
4.   Nilai siswa                               =  skor perolehan    x  100
                                                                skor maksimal
  1. Rubrik Penilaian
Isi benar, tata bahasa benar, skornya             = 3
Isi benar, tata bahasa kurang tepat, skornya   = 2
Isi dan tata bahasa kurang tepat, skornya       = 1
Tidak menjawab, skornya                               = 0


Mengetahui,                                                          Bogor, 
Kepala Sekolah                                                    Guru Bahasa Inggris


Dra.Hj.Adriati,M.M.                                          Dwi Semi Latiati







MATERI PELAJARAN

     Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut :
1. A     : Can you help me to bring this box please?
    B     : O.K  
    A     : Thank you very much
    B     : Don’t mention it
2. A     : May I borrow your pen please?
    B     : Sure here you are
    A     : That’s very kind of you
       b. Kosa kata terkait materi
           Misalnya : modals (can, could, will, would, may)
c.       Sentence pattern
Request :    -    Can you
-          Could you
-          Will you
-          Would you                        +  Invinitive
-          Can I
-          Could I
-          May I
-          Would you mind               + V-ing
-          Do you mind
Yes – No question
d.      Ungkapan baku :
-  May I ………………                                  - Could you ……………..
-  Can I ……………….                                  - Will you ……………….
-  Can you ……………                                  - Would you …………….
-  Do you mind ………                                   - Would you mind ………
v   Positive responses
-                                              Okay no problem                                   -  With pleasure
-                                              All right thanks                          -  Certainly
-                                              Sure, here you are                                  - Never mind
v   Negative responses
-                                              Sorry……………
-                                              Yes, but ………..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar