Jumat, 11 November 2011

RPP NARRATIVE TEXT reading skill


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

SMP                            : SMP .....................
Mata Pelajaran          :  Bahasa Inggris
Kelas/Semester           :  VII/Genap
Jenis teks                    : Narrative
Aspek/ Skill                : Membaca dan Menulis
Alokasi waktu            : 1 pertemuan @ 1 X 40 menit

A.        Standar kompetensi :
Standar Kompetensi
1.       Memahami makna teks monolog/esei berbentuk report, narrative dananalytica l
exposition secara akurat, lancar, dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-
hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2.      Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei tulis berbentukreport,
narrative,dan analytical exposition secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1.      Memahami dan merespon makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk:
narrative
2.       Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam teks berbentuk:nar r ative


B.        Indikator:
-    Mengidentifikasi informasi tersirat dalam teks narrative
-    Mengidentifikasi makna dalam teks narrative

C.        Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
-     Mengidentifikasi informasi tersirat dalam teks narrative
-    Mengidentifikasi makna dalam teks narrative

D.        Materi Pelajaran
1.    Narrative Text
Narrative text is a kind of text to retell the story that past tense. The purpose of the text is to entertain or to amuse the readers or listeners about the story.
The generic structure of Narrative text :
1.             Orientation :
It set the scene and introduce the participants (it answers the question : who, when, what, and where).
2.             Complication :
Tells the problems of the story and how the main characters solve them.
3.             Resolution :
The crisis is revolved, for better or worse.
  1. Re-orientation :The ending of the story.
          2.    Evaluation :
The stepping back to evaluate the story or the moral message of the story

E.        Metode/ Teknik : Three phase technique (PPP)


F.         Langkah- langkah kegiatan
No.
Kegiatan
Waktu
1
Pendahuluan (Introduction)
5’

  1. Menunjukkan contoh gambar “cinderella story”
  2. Bertanya jawab dan mendeskripsikan berdasarkan gambar
  3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

2
Kegiatan Inti
25’

  1. Siswa membaca “Cinderella story”
  2. Siswa mengidentifikasi makna yang tersirat dalam teks
  3. Siswa mengelompokkan beberapa kata-kata adjective dan verb yang ada dalam teks
  4. Guru memperlihatkan gambar-gambar tokoh yang ada dalam cerita “Cinderella”
  5. Siswa menirukan kata-kata yang diucapkan guru
  6. Guru menanyakan kesulitan siswa

3
Penutup
10’

  1. Menyimpulkan materi pembelajaran
  2. Menugaskan siswa untuk menulis teks descriptive mengenai orang tua.
  3. Menyampaikan rencana pembelajaran berikutnya



40’

G.        Sumber Belajar
·                      Buku Paket Bahasa Inggris

H.        Penilaian
1. Teknik         : Tes tertulis
2. Bentuk        :  Pertanyaan tertulis (terlampir)
3. Instrumen    : Pedoman Penilaian
a. Skor maksimal : 30
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai siswa       : Skor Perolehan
                                         ---------------------  X 100
                                           Skor maksimal


4.                   Rubrik Penilaian:

EXERCISE
URAIAN
SKOR
1
Setiap Jawaban benar
1 x 5 = 5
2
Setiap Jawaban benar
1 x 5 = 5
3
Setiap Jawaban benar
2 x 5 = 10
4
Setiap Jawaban benar
5 x 2 = 10
JUMLAH
            30


Mengetahui                                                       Bogor,                         2011
            Kepala Sekolah                                                Guru Mata Pelajaran


...................................                                        ..........................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar