Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
SMP
: SMP .....................
Mata
Pelajaran : Bahasa
Inggris
Kelas/Semester
: VII/Genap
Jenis teks : Narrative
Aspek/
Skill
: Membaca dan Menulis
Alokasi
waktu : 1
pertemuan @ 1 X 40 menit
A. Standar kompetensi :
Standar
Kompetensi
1. Memahami makna teks monolog/esei berbentuk
report, narrative dananalytica l
exposition secara akurat, lancar,
dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-
hari dan mengakses ilmu pengetahuan
2. Mengungkapkan makna dalam teks
monolog/esei tulis berbentukreport,
narrative,dan analytical exposition
secara akurat, lancar dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan.
Kompetensi Dasar
1. Memahami dan merespon makna dalam
teks monolog/esei yang menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat,
lancar dan berterima dalam teks berbentuk:
narrative
2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog/esei
yang menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar
dan berterima dalam teks berbentuk:nar r ative
B. Indikator:
- Mengidentifikasi informasi tersirat
dalam teks narrative
-
Mengidentifikasi makna dalam teks narrative
C. Tujuan Pembalajaran
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
- Mengidentifikasi informasi
tersirat dalam teks narrative
-
Mengidentifikasi makna dalam teks narrative
D. Materi Pelajaran
1. Narrative Text
Narrative text is a kind of text to
retell the story that past tense. The purpose of the text is to entertain or to
amuse the readers or listeners about the story.
The generic
structure of Narrative text :
1.
Orientation
:
It set the scene and introduce the
participants (it answers the question : who, when, what, and where).
2.
Complication
:
Tells the
problems of the story and how the main characters solve them.
3.
Resolution :
The crisis
is revolved, for better or worse.
- Re-orientation :The ending of the story.
2. Evaluation :
The stepping
back to evaluate the story or the moral message of the story
E. Metode/ Teknik : Three phase technique (PPP)
F. Langkah-
langkah kegiatan
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Pendahuluan (Introduction)
|
5’
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
25’
|
|
||
3
|
Penutup
|
10’
|
|
||
40’
|
G. Sumber Belajar
·
Buku Paket
Bahasa Inggris
H.
Penilaian
1.
Teknik : Tes tertulis
2.
Bentuk : Pertanyaan tertulis (terlampir)
3. Instrumen : Pedoman Penilaian
a. Skor maksimal : 30
b. Nilai maksimal : 100
c. Nilai siswa
: Skor Perolehan
--------------------- X 100
Skor maksimal
4.
Rubrik
Penilaian:
EXERCISE
|
URAIAN
|
SKOR
|
1
|
Setiap Jawaban benar
|
1 x 5 = 5
|
2
|
Setiap Jawaban benar
|
1 x 5 = 5
|
3
|
Setiap Jawaban benar
|
2 x 5 = 10
|
4
|
Setiap Jawaban benar
|
5 x 2 = 10
|
JUMLAH
|
30
|
Mengetahui Bogor,
2011
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
................................... ..........................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar